Jumat, 11 November 2016

WISATA BUDAYA SAWAHLUNTO

WISATA BUDAYA SAWAHLUNTO -
SERUNYA BERKELILING OBJEK WISATA DI SAWAHLUNTO

Sawahlunto adalah kota tambang batu bara yang sangat terkenal baik dalam negri maupun luar negri, ini adalah salah satu daya tarik para wisatawan untuk datang berkunjung ke SAWAHLUNTO. Bukan hanya tambang batu bara yang menjadi daya tarik dari kota ini, namun objek wisata lain masih banyak yang tak kalahnya dengan tambang batu bara, seperti :

1. DANAU BIRU
Danau ini adalah objek wisata yang baru di SAWAHLUNTO, objek ini baru ramai pada awal tahun 2016. akses menuju tempat ini lumayan ekstrim, karena jalan yang digunakan adalah jalan para pekerja tambang batu bara disana, untuk datang ke DANAU BIRU ini sebaik nya datang pada hari sabtu minggu, karna pada hari itulah para pekerja tambang tidak bekerja.
DANAU BIRU
2.Wisata Daerah Kandi
Di daerah Kandi ini sangat banyak objek wisata yang bisa anda temui, mulai dari Danau Kandi, Danau Tanah Hitam, Danau Tandikek, Taman Satwa, dan juga taman rekreasi keluarga.
TAMAN SATWA


3. Loebang Mbah Soero
Lobang ini terdapat di kelurahan Tanah Lapang, Lembah Segar, Kota Sawahlunto. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 185m, terowongan ini dibangun pada masa Pemerintahan Hindia Belanda. Sekitar tahun 1998 sampai 1932 kegiatan tambang batu bara masih menggunakan LOEBANG MBAH SOERO, dan sekitar tahun 1932 terowongan ini ditutup karena rembesan air mulai memasuki terowongan.
Pada tahun 2007 pemerintah setempat mulai membenahi terowongan ini untuk dijadikan objek wisata, dan memberikan beberapa fasilas yang memudahkan pengunjung untuk memasuki terowongan ini
LOBANG MBAH SOERO


4. Museum Kereta Api
Museum Kereta Api yang ada di Sawahlunto ini masih erat juga kaitannya dengan Loebang Mbah Soero,museum ini juga sebuah objek wisata sejarah. ketika penambangan di Sawahlunto masih berjalan, kereta api merupakan kendaraan yang terbaik untuk membawa batu bara ke Teluk Bayur di Padang. Museum ini di resmikan pada tahun 2005 oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla

MUSEUM KERETA API

5. Gedung Pusat Kebudayaan
Gedung ini adalah salah satu cagar budaya peninggalan koloni batu bara pada masa itu, Gedung ini terletak di pusat Kota Batu Bara, Selain sebagai gedung pertemuan, Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto ini dulu juga digunakan sebagai tempat pesta-pesta para pejabat kolonial dan nona-nona Belanda setelah mereka selesai bekerja. Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto juga pernah menjadi Rumah Bola untuk bermain bola bowling.
 
GEDUNG PUSAT KEBUDAYAAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar